Kamis, 18 Februari 2016

2 Tempat Ini Jadi 'Magnet' Jutaan Orang di Seluruh Dunia

2 Tempat Ini Jadi Magnet Jutaan Orang di Seluruh Dunia

Di kota Madinah, Arab Saudi ada 2 tempat bersejarah yang menjadi 'magnet' bagi jutaan orang di seluruh dunia.
Di kota Madinah, Arab Saudi ada 2 tempat bersejarah yang menjadi 'magnet' bagi jutaan orang di seluruh dunia. Nyaris seluruh muslim yang menunaikan ibadah haji dan umrah tak akan melewatkan kedua tempat ini.
Kedua tempat yang dimaksud adalah Masjid Nabawi dan Raudhah. Masjid Nabawi menjadi daya tarik terbesar bagi para jemaah untuk menjalankan ibadah selama musim haji. Pasalnya, di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah SAW dan 2 sahabatnya, Abu Bakar As-Sidiq dan Umar bin Khattab RA.
Masjid Nabawi dibangun pada tahun 1 Hijriah di atas tanah wakaf As'ad bin Zurarah, ditambah tanah yang dibeli dari anak yatim Sahal dan Suhail. Masjid yang dikerjakan dengan gotong-royong antara para sahabat Anshar dan Muhajirin ini awalnya hanya berupa pagar dari batu tanah setinggi kurang lebih 2 meter.
Tiang-tiangnya terbuat dari batang kurma, atapnya dari pelepah daun kurma, dan halamannya ditutup dengan batu-batu kecil. Sebelum ada perintah untuk menghadap Kabah, kiblat masjid ini dulunya menghadap ke Baitul Maqdis di Palestina.
Jutaan orang mendambakan salat di masjid ini lantaran pahala berlipat ganda yang dijanjikan. Salat di Masjid Nabawi nilainya sangat tinggi. Hal ini bahkan disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, "Salat di masjidku ini lebih utama 1.000 kali dibandingkan salat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram dan salat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali daripada salat di masjid lainnya" (HR Ahmad Ibnu Huzaimah dan Hakim).
Tempat lainnya yang paling banyak dikunjungi di Madinah adalah Raudhah. Raudhah merupakan bagian dari Masjid Nabawi. Di dalam Masjid Nabawi terdapat sebuah tempat yang ditandai dengan karpet hijau. Itulah Raudhah.
Di tempat itu, dahulu Rasul bersama para sahabat menjalankan syiar Islam. Letak Raudhah juga ditandai dengan tiang putih yang terpancang dari area makam Rasul sampai ke mimbar. Panjang Raudhah dari timur ke barat kurang lebih 22 meter dan dari utara ke selatan sepanjang 15 meter.
Raudhah merupakan tempat yang makbul untuk memanjatkan doa. Karena itu pula, banyak orang berbondong-bondong datang untuk salat dan berdoa di sini. Bahkan Nabi SAW bersabda mengenai keistimewaan tempat ini, "Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) di antara taman-taman surga".
Untuk salat di Raudhah terbilang tak mudah. Karena ada begitu banyaknya jemaah yang ingin salat di Raudhah, terkadang diperlukan waktu yang lama untuk mengantre hingga mendapatkan giliran salat dan berdoa di sini.
(Sumber: Situs Kementerian Agama RI)

http://www.dream.co.id/jejak/2-tempat-ini-jadi-magnet-jutaan-orang-di-seluruh-dunia-150907o.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar