Selasa, 16 Februari 2016

Pisang, Buah Surga yang Segera Musnah dari Bumi

Pisang, Buah Surga yang Segera Musnah dari Bumi


"Kita tahu bahwa asal Tropical Race 4 dari Indonesia dan jamur itu menyebar dari sana," kata Gert Kama.
Pisang goreng, pisang bakar, roti pisang, dan masih banyak lagi. Begitu beragam variasi makanan yang terbuat dari pisang. Maka, nikmatilah selagi Anda bisa.
Lho, mengapa? Sebab menurut studi baru, buah yang disebut dalam Alquran ini tengah menghadapi kepunahan. Dikhawatirkan tak akan ada lagi buah pisang di muka Bumi ini.
Studi itu menemukan bahwa tanaman pisang menghadapi jamur mematikan, gejala yang pada umumnya disebut penyakit Panama. Sampai kini belum diketahui cara pemberantasan jamur tersebut.
Ini tentu menjadi kabar buruk bagi industri pisang dunia, yang nilainya mencapai Rp 151,4 triliun. Buah yang dalam Islam dikenal sebagai buah surga ini benar-benar terancam.
Penyakit ini disebabkan Tropical Race 4. Jamur ini telah melanda pisang di Asia Timur dan Asia Tenggara sejak tahun 1960-an. Berawal dari Indonesia.
"Kita tahu bahwa asal Tropical Race 4 dari Indonesia dan jamur itu menyebar dari sana," kata Gert Kama, ahli tanaman pisang dari Wageningen University and Research Centre, Belanda, sebagaimana dikutip Dream dari Quartz, Rabu 2 Desember 2015.
Penyakit ini kemudian menyebar ke Taiwan dan China. Namun, "Jamur mematikan ini sekarang telah menyebar ke Pakistan, Lebanon, Jordan, Oman, dan Mozambik, juga Queeensland Australia," tambah Gert Kama.
Dan tinggal menunggu waktu saja bagi jamur ini untuk menyebar ke benua lain. Termasuk Amerika Selatan yang menjadi 'hutan pisang' dunia. 
Namun tenang, masih ada kabar gembira di tengah ancaman jamur ini. Pohon pisang tak akan punah dengan cepat. Penyakit ini butuh waktu panjang untuk menyebar. Taiwan misalnya, saat ini masih mengekspor sekitar 2 persen dari pasokan saat awal mereka terserang penyakit ini pada tahun 1960-an.
Semoga kita dan generasi berikutnya masih bisa menemui dan menikmati buah pisang ya... 

http://www.dream.co.id/culinary/pisang-buah-surga-yang-segera-musnah-dari-bumi-151202x.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar