Kamis, 18 Februari 2016

Pulau `Laskar Pelangi` Bakal Dilalui Gerhana Matahari Total

Pulau Laskar Pelangi Bakal Dilalui Gerhana Matahari Total

Salah satu dari beberapa wilayah Indonesia yang akan dilalui oleh fenomena langka itu adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Beberapa waktu lalu para astronom memastikan bahwa ada sebagian kecil wilayah di Indonesia yang akan dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) yang diperkirakan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.
Salah satu dari beberapa wilayah Indonesia yang akan dilalui oleh fenomena langka itu adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di Kepulauan yang menjadi lokasi syuting film 'Laskar Pelangi' ini gerhana matahari total tahun depan dapat dilihat selama 2 menit 10 detik dan akan berlangsung pada pukul 06.20 WIB hingga 07.24 WIB.
Dilansir dari situs Kementerian Pariwisata RI, Indonesia.travel, Selasa 15 September 2015, demi menyambut minat wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena langka ini, Pemda setempat telah menyediakan 100 pendopo untuk titik pemantauan yang diarahkan menghadap langsung ke arah timur.
'Gerak cepat' pemerintah daerah Bangka Belitung ini dilakukan lantaran antusiasme wisatawan yang kian meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya kamar hotel yang dipesan oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Setidaknya, 100 kamar telah dipesan oleh wisatawan mancanegara asal San Fransisco.
Terkait GMT 2016, pemerintah daerah setempat juga telah merancang serangkaian agenda yang akan dilaksanakan beberapa hari menjelang momen istimewa ini.
Di antara agenda tersebut adalah Pagelaran Seni Budaya Belitung yang akan diselenggarakan di dua lokasi, yakni Kota Tanjung Pandan dan Pantai Tanjung Kelayang.
Beberapa atraksi dapat dilihat dalam pagelaran tersebut, antara lain aneka perlombaan tradisional yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, lomba memancing yang diprakarsai oleh Dinas Perikanan dan Kelautan serta atraksi terjun payung di tepi pantai yang dilakukan oleh para prajurit TNI AU. (Ism)

http://www.dream.co.id/jejak/pulau-indonesia-ini-bakal-dilalui-gerhana-matahari-total-2016-150915c.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar