Selasa, 16 Februari 2016

Inilah 6 Museum Islam Terbaik di Dunia

Inilah 6 Museum Islam Terbaik di Dunia

Ada sejumlah negara yang memiliki museum dengan koleksi benda Islami terlengkap.
Perkembangan peradaban Islam yang besar di dunia telah menghasilkan banyak karya. Mulai dari bentuk-bentuk kaligrafi, arsitektur bangunan, hingga seni pembuatan keramik.
Karya-karya seni ini dapat ditemukan pada bangunan mesjid ataupun museum-museum Islam. Beberapa negara yang memiliki museum dengan koleksi islami lengkap di antaranya adalah Qatar, Indonesia, Malaysia, dan Turki.
Ada pula sejumlah negara yang notabene bukan berlatarkan masyarakat muslim seperti Australia dan Kanada, namun juga memiliki museum-museum serupa yang mengoleksi benda-benda bersejarah peninggalan peradaban Islam.
Nah, seperti apa museum-museum tersebut? Berikut 6 museum di dunia dengan koleksi islami terbaik yang dihimpun Dream, Selasa 16 Juni 2015:
1. Museum of Islamic Art, Qatar
Museum yang berlokasi di Doha, Qatar ini memiliki banyak artefak seni Islami yang mengundang decak kagum para wisatawan. Museum of Islamic Art merupakan museum Islam pertama di Teluk Persia yang memiliki banyak koleksi. Sejak dibuka pada tahun 2008 silam, museum ini telah menampilkan banyak koleksi dari berbagai belahan dunia, seperti Iran, Irak, Turki, Mesir, Asia Tengah, India, dan Spanyol. Salah satu koleksi terbaik yang ada di museum ini adalah lukisan Laila Majnun yang diadaptasi dari kisah cinta klasik karya Nizami Ganjavi, seorang penyair Persia.
2. Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia
Museum Islam di Indonesia ini terletak di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 ini menyimpan banyak koleksi karya intelektual muslim nusantara dan para ulama. Sesuai dengan namanya, Bayt Al Quran memiliki aneka koleksi mushaf Al Quran seperti Mushaf Istiqlal, Mushaf Sunda dan Malaysia, serta Mushaf Wonosobo yang berukuran sangat besar. Sementara Museum Istiqlal menyimpan benda seni dan aneka artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara.
3. Islamic Art Museum, Malaysia
Museum Islam bergaya arsitektur unik ini berlokasi di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur. Museum dengan 4 lantai ini menyimpan berbagai koleksi benda warisan peradaban Islam seperti senjata, baju besi, perhiasan, tekstil, koin, kayu, keramik, kerajinan logam, serta manuskrip Al Quran. Museum ini juga menyimpan koleksi-koleksi budaya yang mewakili tiga etnis utama di Malaysia, yakni Melayu, India, dan Cina.
4. Topkapi Museum, Turki
Museum yang dulunya merupakan Istana megah di kota tua Istanbul ini memiliki ruangan megah berkubah yang menyimpan koleksi-koleksi penting, seperti jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. Jubah tersebut diismpan dengan apik di dalam kotak emas. Selain itu, di museum ini juga terdapat jenggot, jejak kaki, dan surat kuno milik Nabi Muhammad SAW. Di tempat ini juga disimpan salah satu manuskrip Al Quran tertua di dunia. Semua koleksi Islami di Topkapi Museum masih tersimpan dengan baik hingga saat ini.
5. Islamic Museum of Australia, Australia
Australia bukanlah negara berpenduduk mayoritas muslim, namun negara ini memiliki museum Islam yang mengagumkan. Bahkan Islamic Museum of Australia pernah mendapatkan penghargaan dalam Museum & Galleries National Award 2014 sebagai salah satu museum yang terbaik di Australia. Museum yang berlokasi di Victoria ini didirikan pada tahun 2010 sebagai wadah pertunjukan warisan seni dan sejarah Islam di Australia. Museum ini menyimpan banyak artefak sejarah dan karya seni. Ada pula beragam koleksi lukisan, kaligrafi, arsitektur, keramik, kaca dan tekstil yang berasal dari berbagai belahan dunia.
6. Aga Khan Museum, Kanada
Aga Khan Museum terletak di Toronto. Museum ini disebut-sebut sebagai museum Islam termegah di Amerika Utara. Museum yang dibangun oleh seorang jutawan muslim bernama Aga Khan ini diresmikan pada tahun 2014 lalu. Museum ini dirancang oleh arsitek terkenal, Fumihiko Maki yang pernah meraih penghargaan internasional. Museum ini dirancang dengan gaya kontemporer modern di mana tembok luar menggunakan batu granit Brasil. Museum ini memiliki ruangan pameran yang megah serta dilengkapi dengan ruang teater berkapasitas 350 tempat duduk.

http://www.dream.co.id/jejak/inilah-6-museum-islam-terbaik-di-dunia-150616b.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar