Kamis, 18 Februari 2016

Mengenal Masjid Agung Taipei, Jejak Islam di Taiwan

Mengenal Masjid Agung Taipei, Jejak Islam di Taiwan

Taipei Grand Mosque merupakan tempat ibadah yang dibangun pemerintah Taiwan sebagai bentuk pengakuan dan kepedulian terhadap eksistensi umat Muslim yang populasinya terbilang sangat kecil di sana.
Meski merupakan wilayah dengan minoritas Muslim, Taiwan sangat terbuka terhadap pengaruh keyakinan Islam. Salah satu bukti nyatanya adalah keberadaan Taipei Grand Mosque sebagai salah satu cagar budaya di sana.
Taipei Grand Mosque atau Masjid Agung Taipei merupakan tempat ibadah yang dibangun pemerintah Taiwan sebagai bentuk pengakuan dan kepedulian terhadap eksistensi umat Muslim yang populasinya terbilang sangat kecil di sana.
Populasi umat Islam di Taiwan memang tergolong sangat sedikit, hanya 0,3 persen dari total penduduk Taiwan. Namun seiring waktu, jumlah yang sedikit itu terus-menerus berkembang.
Pada tahun 2010, diperkirakan ada 140.000 penduduk Taiwan yang tercatat sebagai Muslim. Angka tersebut diprediksi terus bertambah sekitar 100 orang tiap tahunnya.
Selain sebagai tempat ibadah, Taipei Grand Mosque juga kerap digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersilaturahmi masyarakat Muslim Taiwan.
Masjid yang berdiri megah di pusat kota ini awalnya digagas oleh Ketua Asosiasi Muslim Taiwan. Masjid ini dibangun di atas tanah yang didonasikan oleh pemerintah Taiwan. Pembangunannya selesai pada tahun 1960 dan menjadi masjid terbesar dari keenam masjid yang ada di Taiwan.
Taipei Grand Mosque dibangun dengan gaya arsitektur Islam dan Timur Tengah. Bangunannya menempati lahan seluas 2.747 meter persegi. Ruangan-ruangannya terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi aula salat, aula resepsi, kantor, perpustakaan, dan ruang bersuci.
Aula salatnya mempunyai lebar dan tinggi sekitar 15 meter. Di bagian sisi masjid terdapat dua buah menara yang ketinggiannya mencapai 20 meter.
Karena kepopuleran masjid ini di kalangan wisatawan, pihak pengelola menyediakan tur bagi siapapun yang ingin mengenal masjid ini lebih dalam. Jadwal tur terbagi menjadi dua, hari Senin dan Selasa khusus bagi pengunjung dari institusi pendidikan.
Sementara untuk pengunjung umum, tur gratis tersedia setiap Jumat dan akhir pekan. Anda yang berminat mengunjungi Taipei Grand Mosque dapat menjangkau masjid ini menggunakan MRT menuju Guting Station. Dari sana, Anda bisa berjalan sekitar 10 menit menuju Xinsheng South Road, Da-an District, lokasi di mana masjid tersebut berada.
(Ism, Dari berbagai sumber)

http://www.dream.co.id/jejak/mengenal-taipei-grand-mosque-jejak-islam-di-taiwan-150915y.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar